Rabu, 09 Juni 2010

Persyaratan pengajuan KPR



Mencari informasi mengenai persyaratan pengajuan KPR ke Bank saat ini dapat dengan mudah didapatkan lewat internet. Dari situs-situs resmi Bank-bank penyedia KPR, informasi yang didapat tentunya dapat dipercaya.

Tetapi persyaratan yang ditampilkan di website seringkali kurang lengkap. Setelah kita mendatangi Bank ysb. dan berkonsultasi dengan Account Officer KPR, barulah kita diberitahu persyaratan yang sebenarnya. Tentunya berkas yang diminta lebih banyak dan bermacam-macam, tergantung Bank masing-masing. Sebagai contoh, di BTN Syariah, mensyaratkan fotocopy KTP, KK, Akte Nikah/Cerai, dan NPWP si penjual rumah. Lalu di Bank Muamalat, mensyaratkan company profile perusahaan tempat bekerja dan PBB 2 tahun terakhir.

Lama waktu proses persetujuan KPR juga beragam, contohnya BTN Syariah mematok 5 hari kerja, dihitung setelah semua berkas lengkap tentunya. BSM 10 hari kerja dan Bank Muamalat 14 hari kerja.
Nah, proses melengkapi berkas ini yang bisa memakan waktu lama, dari 1-2 minggu sampai berbulan-bulan. Hasilnya pun plafon yang kita ajukan bisa disetujui bisa ditolak. Dalam hal ini, kita sebagai pemohon kredit harus aktif berkomunikasi dengan Account Officer ybs. untuk mempercepat proses kelengkapan berkas.

1 komentar:

  1. kalo BNI dan BRI mematok berapa hari yah??? jawabannya kirim ke email saya aj yah... ilhamiadn@yahoo.com

    BalasHapus